SIKAP

“ Orang ng yang bisa menaklukan orang lain itu kuat. Orang yang bisa menaklukan diri sendiri itu lebih kuat”.

Semakin lama kita hidup, maka semakin kita sadar dengan pengaruh sikap dalam kehidupan, karena sikap lebih penting daripada ilmu, uang, kesempatan dan keberhasilan apapun yang dilakukan seseorang. Sikaplah yang menjadi penentuan dalam segala hal yang sedang kita lakukan.

Bahkan, sikap itu lebih penting daripada penampilan atau keahlian yang kita miliki. Satu hal yang sangat menakjubkan adalah ketika kita memiliki pilihan untuk menghasilkan sikap yang kita miliki. Sebenarnya, kita tidak dapat mengubah masa lalu, mengubah tingkah laku orang dan begitu juga dengan mengubah apa yang pasti terjadi satu dan lain hal. Yang dapat kita ubah adalah satu hal yang dapat kita kontrol dan itu adalah sikap kita.

Sikap kita dibangun dari kebiasan, teman, lingkungan dan keluarga. Untuk itu sebaiknya kita menekan sikap-sikap yang dapat membawa kearah yang tidak baik. Ketika kita berada pada sebuah komunitas yang baru, sikap merupakan tolak ukur bagi orang lain untuk menilai diri kita, sehingga kesan pertama dapat memberikan beragam respon terhadap kita.

Ketika kita dapat menentukan sikap kita, kita lebih bisa untuk menentukan hal-hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Setiap individu memilik banyak kepentingan yang berbeda-beda. Maka dengan SIKAP yang baik kita lebih berpendirian dan tegas dalam memilih kepentingan yang harus diprioritaskan.

Dengan demikian, setelah kita memiliki sikap yang baik dan terarah, kepercayaan diri timbul dengan sendirinya, memiliki kepercayaan diri yang didasari dengan tanggung jawab yang benar pula. Sikap menjadi tolak ukur dalam kepercayaan diri seseorang, Hal ini dapat berpengaruh pada sikap kita terhadap komunitas sekitar kita, begitu juga dengan sikap kita dalam berkomunikasi satu sama lain.

Intinya adalah keseimbangan dalam segala hal itu lebih baik, dari pada ambisi dan semangat juang tinggi tanpa kesadaran akan SIKAP kita. Semoga hal ini dapat membawa peningkatan moral dalam kehidupan kita sehari-hari. Dan tidak gamang dalam menentukan segala hal yang memang harus disikapi..

Seuteres ….

Comments

Popular Posts