PERSAHABATAN

Teman untuk dijadikan sahabat membutuhkan usaha yang keras agar bisa memberi rasa kesetiaan, namun memerlukan pengorbanan yang besar. Teman Kadangkala dapat melelahkan, tetapi itulah yang harus kita lalukakan dalam menjalin sebuah persahabatan, berbagai macam aral dan rintangan yang kita hadapi, sehingga tumbuh rasa ikatan persahabatan.

Sahabat yang baik adalah sahabat yang tidak meninggalkan kita ketika berada dalam kesusahan begitu sebaliknya, nilai sebuah persahabatan adalah yang tidak menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, dia selalu berkata dengan sebenarnya.

Perubahan yang besar dalam kehidupan dapat menggugat sebuah nilai persahabatan. Ini termasuk perubahan jabatan ..?, percintaan …? dan ……..?. kita harus memahami, bahwa inilah realita hidup. Karena persahabata tidak terjalin secara otomatis, namun membutuhkan proses panjang untuk dilewati. Persahabata juga dapat menyemangati yang lemah, dan dapat mengubah yang takut jadi berani.

Kerinduan adalah menjadi bagian dari persahabatan, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egois. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Jadi ingat Lirik lagu slank …

Sahabat datang dan pergi, kadang mengkhianati
Begitu pun rasa cinta, kadang mengecewakan
Kita punya harga diri, kadang terpendam di hati
Kita punya hati nurani, kadang tertimbun mati!!!

Seiring perjalanan waktu, usia persahabatan itu terancam rapuh, keanehan dalam prilaku bertolak belakang dengan apa yang kita dilakukan sebelumnya. Sehingga benih permusuhan mulai terjadi diantara sesama.
Mungki ini hanya dapat di jawab dengan hati nurasi masing2. heheheheh ..

Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda:
Janganlah kamu saling membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak menyapa) saudaranya lebih dari tiga hari. (Shahih Muslim)

Comments

Popular Posts