COBAAN HIDUP

Hidup sesorang tidak terlepas dari cobaan dan ujian. Berbagai macam cobaan yang dialami, ada yang diuji dengan kesenangan begitu sebaliknya. Namun ketika cobaan dan ujian datang kita selalu menyalahkan Allah tidak berlaku adil terhadap kita, mungkin ini sudah menjadi karakter manusia ketika diberi kesenangan kita merasakan Allah telah meinggikan derajat kita, tapi ketika diberikan kesusahan dan kesakitan, kita selalu merasakan Allah tidak berlaku adil terhadap kita.

Tapi, kita sering lupa ketika ujian datang, kita selalu menyalahkan orang lain dan juga sering menyalahkan diri sendiri, hingga cobaan yang di uji selalu membuatkan kita tidak berfikir dengan rasional. Ketika ujian itu belum terjadi, mengapa jiwa kita belum sepenuhnya melakukan segala yang engkau perintahkan, begitu banyak keangkuhan dari banyaknya dosa yang masih hamba lakukan, begitu banyak nikmat yang belum hamba syukuri.

Ketika kita mau berfikir secara objective, sebenarnya ujian dapat mengajar kita lebih matang dalam kehidupan, dan ini menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk memanage diri kita sendiri, dengan ujialah kita dapat mengenal diri sendiri dan semakin sabar dalam menjalani kehidupan.

Sesungguhnya Allah akan menguji hambanya itu berdasarkan keimanannya. Jika iman kita kuat maka ujian yang kita terima juga berat. Sebailknya, jika iman kita lemah maka ujian yang akan kita terima juga ringan. Karena Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya.

Sudah sepatutnya kita mengangap bahawa cobaan dan ujian dari Allah adalah buat bekal kita bawa kelak ditempat yang abadi. dan setiap cobaan dan ujian kepada kita semoga dapat menginstropeksi diri kita masing2, sejauh mana kita telah mensyukuri nikmat-NYA . amin ya rabbal alamin ……………

Lain syakartum laaziidannakum, wa lain kafartum inna 'adzaabii lasyadiid

Comments

Popular Posts